SIMPAN KEKUATAN UNTUK ACHEH

Gambar
Pasca perdamaian antara GAM-RI telah menghasilkan kesepakatan bersama antara kedua pihak guna mengakhiri konflik yang terjadi 30 tahun lebih di acheh,yang menelan banyak biaya diantara kedua pihak tersebut,dan telah membuat acheh menjadi daerah tertinggal dimasa itu,dimana masyarakat tidak bisa bergerak bebas akibat acheh dijadikan daerah  daerah opersi militer oleh pemerintah pusat.
Pasca perdamaian yang berhasil di sepakati kedua pihak yang ditanda tangani pada 15 Agustus 2005 di helsinki,membuat rakyat acheh terlepas dari kekejaman militer.

Perdamaian di acheh merupakan perdamaian yang bersyarat dengan sekian banyak butir-butir yang telah disepakati antara kedua pihak,atau sering disebutkan dengan “Memorendum Of Understanding” antara pemerintah Republik Indonesia dan Gerakan Acheh Merdeka.

Indonesia telah membuka peluang untuk acheh menjadi self government (pemerintahan sendiri) dimana acheh membolehkan memiliki UU tersendiri sebagai daerah khusus,memiliki lembaga wali nanggroe,memiliki bendera dan lambang,dan acheh juga berhak melakukan perdagangan dan bisnis secara internal dan internasional serta menarik investasi dan wisatawan langsung ke acheh.
Memang acheh akan beda dengan daerah lain di-indonesia ini,karena memang sejarah acheh dengan daerah lain berbeda,menulis tentang acheh tidak akan pernah habis-habis dimana dimulai sebelum indonesia merdeka,acheh juga menjadi nafas terakhir bagi indonesia dalam menangkis serangan belanda agresi militer ke-dua pada tahun 1948.

Sekarang acheh sudah aman,konflik bersenjata sudah selesai,akan tetapi perjuangan rakyat acheh belum selesai sampai disitu dan itu harus direnungi bersama-sama,MoU yang telah disepakti harus benar-benar terealisasi kedalam masyarakat acheh pada umumnya,agar masyarakat benar-benar merasakan bahwa acheh memang khusus dan tidak sebatas tulisan didalam UU-PA dan MoU.
Akan tetapi perjuangan yang harus diterapkan acheh sekarang ini adalah memilih figur-figur yang benar-benar menguasai MoU,ihklas berjuang untuk acheh,dan yang pasti adalah orang-orang yang mempunyai pemahaman tentang politik dan hukum,agar semua yang berkaitan dengan acheh dapat terealisi kedalam masyarakat acheh pada umumnya.

Pada 2014 yang akan datang acheh akan melakukan pemilihan wakil-wakil rakyat untuk menuju parlemen baik di DPRK,DPRD,DPRA,DPR-RI dan DPD. Disinilah rakyat acheh harus betul-betul menyadari bahwa mereka harus memilih figur-figur yang benar dan cocok untuk acheh,serius memperjuangkan hak acheh yang tertuang dalam MoU perdamaian acheh,karena kita tau bahwa umur perdamaian acheh hampir mancapai 8 tahun,belum sebagian isi dari perjanjian damai RI-GAM terealisasi kedalam rakyat acheh.

Maka dari itu mari kita menyimpulkan bahwa acheh berjuang di jalur politik yang dibutuhkan adalah kader yang memahami acheh,berjuan untuk acheh,sebagai mana sering pepatah mengatakan “Meunyoe koen ie gleeh bandum leuhoeb,meunyoe koen droe bandum goeb”.

Masa depan acheh ada ditangan rakyat acheh,kitalah yang menentukan arah masa depan acheh melalui pilihan kita.

Penulis:Agus Atjeh.

One Response to SIMPAN KEKUATAN UNTUK ACHEH

  1. abu_said63 mengatakan:

    betul tidak salah lagi kami siap mendukung aceh dan partai aceh,wahai orang aceh jangan mau kamu di pecah2kan atau di kelompok2kan,krn org2 yang demikian tidak bertangung jawab di kemudian hari,mari kita menangkan partai aceh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s