Alm.HASAN MUHAMMAD TIRO & PERDAMAIAN ACHEH

  Hasan Muhammad Tiro adalah simbol perdamaian bagi Aceh yang saat ini masih mengalami proses transisi politik dan transformasi konflik menuju Aceh yang dicita-citakan bersama. Karena tanpa perjuangan yang dilakukan 30 tahun yang lalu, tidak mungkin, masyarakat Aceh dapat memperoleh apa yang diinginkan saat ini. Misalkan pembagian hasil alam tujuh puluh persen ke Aceh, adanya pemerintah sendiri dan simbol kedaerahan serta simbol politik yang diakui oleh pemerintah pusat dan dunia internasional. Hasan Tiro juga sebagai simbol pergerakan nasional pada tahun 1973-an yang bersama tokoh-tokoh nasional lainnya menggagas federasi bagi Indonesia sebagai solusi penyelesaian krisis politik pasca tumbangnya Soekarno,meskipun pergerakan ini pada akhirnya dianggap makar oleh Pemerintah Pusat.

Berbicara tentang acheh pasti tidak luput dari sosok yang terkenal berwibawa bahkan sangat
Gambar terpengaruh diacheh,beliolah yang telah membuka
mata dan hati rakyat acheh agar mengenal diri,
mengenal keturunan,mengenal sejarahnya acheh
yang tak terkalahkan pasca penjajahan,dan dari buku-buku yang belio tuliskan telah menjadi ideologi yang patut di kenang atas keberhasilan belio membawa acheh menuju perubahan dan belio telah membawa acheh ke pentas dunia,kini belio telah pergi untuk selama-lamanya dan sosok seperti belio tidak pernah tergantikan oleh siapapun,semoga amal ibadahnya diterima ALLAH,dan ditemptkan bersama para syuhada-syuhada,AMIN..

Perdamaian yang bersyarat telah terjadi di acheh pasca konflik berkepanjangan,sekarang butir-butir tersebut dalam tuntutan,bahkan butir tersebut memungkin acheh menuju cita-citanya (semua tergantung pada rakyat) seperti kosovo.
Melihat proses transisi politik acheh saat ini bukanlah sebuah solusi yang baik karena perpecahan ditengah jalan akibat ke-egoan dan kehausan empuknya kursi kepemimpinan.
Hal ini perlu disadari,bukan perpecahan yang di inginkan,akan tetapi persamaan kata untuk menuju perubahan bagi acheh pasca konflik dan bencana alam terdasyat yaitu stunami.

Permasalahan acheh hari ini telah menjadi sorotan bagi dunia luar,karena tingkat sponsor perdamaian acheh yang susah payah ini,Acheh dalam transisi politiknya telah mensahkan beberapa butir dari perdamaian MoU helsinki yang telah diakui kedua pihak (RI-GAM) walaupun pemerintah pusat mempermasalahkan butir-butir tersebut ketika acheh telah qanunkan-nya tidak sesuai dengan UU-45 indonesia dan peraturan lainya.
Pihak indonesia harus mengakui bahwa acheh berjalan diatas jalurnya MoU,terkadang memang harus sesuai dengan UU-45,akan tetapi tidak semua harus dituruti,karena ini amanah MoU yang telah dijabarkan kedalam UU-Pemerintah Acheh yang harus diqanunkan oleh Acheh agar kejelasan tentang butir-butir MoU helsinki benar terealisasi seperti yang telah tercatat dan disetujui di helsinki,perdamaian ini pun ditengahi oleh UE,kedua pihak harus mengahrgai dan saling mengerti agar tidak mempersulit hal yang mudah bahkan hal yang sulit harus dimudahkan demi kelancaran proses transisi semua fase-fase MoU kedalam kehidupan rakyat acheh,karena ini perdamaian di atas darah dan bencana alam di acheh.

Media berperan penting dalam memberitakan wajah Aceh saat ini, apakah wajah yang seram atau wajah yang sangat bersahabat bagi dunia internasional. Hal ini sangat berpengaruh pada daya tarik investor luar yang masih mempertimbangkan menanamkan investasinya atau memberikan bantuan ke aceh,agar acheh maju,berkembang,perekonomian tumbuh,lapangan kerja terbuka,semua itu bisa terjadi karena acheh aman dan para pihak nyaman,hingga wajah acheh memang benar ketika diketahui dunia,jangan ke PBB mengatakan bahwa perdamaian acheh sukses,tapi satu permasalah yang berkaitan dengan acheh dan telah nyata terang tertulis tidak diakui bahkan dipersulit.

#HARGAI PERDAMAIAN ACHEH#

Penulis:Agus acheh-Line Cp Fachrul Razi jubir PA teks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s